Perbedaan Fakta dan Opini dalam Penyusunan Karya Ilmiah

0
perbedaan fakta dan opini
perbedaan fakta dan opini.

PENDIDIKAN - Tantangan dalam menyusun karya ilmiah kadangkala diperhadapkan dengan kesulitan membedakan fakta dan opini. Mengetahui perbedaan fakta dan opini dinilai penting untuk mendukung kredibilitas karya ilmiah itu sendiri.  

Dikutip dari buku Writing Academic English, Fourth Edition, The Longman Academic Writing Series karya Hogue & Oshima (2006), berikut ini pengertian fakta dan opini, perbedaan dan bagamana menggunakannya dalam sebuah karya tulis.

Pengertian Fakta dan Opini

Menurut Hogue & Oshima (2006), "Facts are objective statements of truth" (hal. 40) atau fakta adalah pernyataan yang mengandung kebenaran objektif.

Sementara opini adalah "Opinions are subjective statements based on a person’s beliefs or attitudes" (hal. 39) atau Pendapat atau Opini adalah merupakan pernyataan subjektif berdasarkan keyakinan atau sikap pribadi. 

Berangkat dari sini, sekilas kita sudah mengetahui apa perbedaannya.

Perbedaan Fakta dan Opini

Hogue & Oshima menjelaskan, opini merupakan pernyataan subjektif berdasarkan keyakinan atau sikap pribadi sehingga tidak mengandung fakta.

Misalnya pernyataan, "Bahasa Inggris lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa lainnya."

Pernyataan tersebut merupakan pendapat subyektif seseorang tanpa disertai fakta. Sebab terdapat perbedaan bagi setiap orang untuk menilai apakah bahasa Inggris mudah atau sulit. Ada yang menilai bahasa Inggris itu sulit karena berbagai macam aturan penggunaan.

Jadi, apakah bisa memasukkan opini dalam sebuah karya ilmiah? Bisa.

Hogue & Oshima menyarankan untuk menghindari penggunaan opini sebagai detail pendukung suatu tulisan ilmiah.

Namun opini masih bisa digunakan jika dilengkapi dengan fakta pendukung, sehingga opini dalam karya tulis mengandung kebenaran objektif dengan fakta yang mendukungnya.

Contoh Pernyataan Fakta:

  1. Pernyataan pertama: Air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.
  2. Pernyataan kedua: Rokok dapat menyebabkan kecanduan

Kedua pernyataan tersebut merupakan fakta. Kalimat pertama adalah fakta yang tanpa bukti pendukung sebab air mendidih memang pada suhu 100 derajat celcius.

Sementara pernyataan kedua membutuhkan bukti pendukung untuk memperkuat fakta, seperti hasil riset, pendapat ahli, data statistik, laporan lembaga tertentu dan bukti pendukung lainnya.

Dengan demikian, dalam menulis karya ilmiah, seperti skripsi, makalah, jurnal dan lain-lain, penulis dapat memasukkan pernyataan opini atau tidak (opsional).

Jika memilih menggunakan pernyatana opini maka wajib menyertakan fakta untuk memperkuat kredibilitas tulisan.

Demikian perbedaan Fakta dan Opini dalam penulisan karya ilmiah. Dapatkan informais pendidikan lainnya di Edusentris. (ar)

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !