Begini Cara Cek Tema Wordpress dan Plugin di Website

0
cek tema wordpress dan plugin
Ilustrasi cek tema Wordpress dan plugin website. Foto: Pixabay.

TEKNO - Saat ini telah banyak tema hasil para developer untuk website menggunakan CMS Wordpress, yang buat kamu pingin memasangnya di website milikmu. Tenang saja, Edusentris kali ini hadir untuk berbagi cara cek tema wordpress dan plugin yang digunakan semua website.

Ada banyak tema Wordpress di luar sana yang menarik perhatian, baik tema Wordpress khusus berita, company profile, organisasi dan lain-lain. Namun tentunya memilih tema wordpress harus menyesuaikan dengan tujuan pembuatan website dan niche.

Hal ini agar saat kamu mengetahui tema yang dimiliki website lain, baik itu tema versi gratis dan premium serta plugin, kamu yakin itulah tema yang ingin kamu pasang dan plugin yang ingin kamu gunakan.

Tentunya, apabila kamu ingin membangun website khusus berita. Maka kamu dapat cek tema wordpress website portal berita yang digunakan website orang lain dan memasangnya di situs kamu sendiri.

Postingan ini bertujuan untuk kebutuhan edukasi saja dan Edusentris mendorong pembaca sekalian untuk menggunakan cara cek tema Wordpress dengan bijak agar terhindar dari konsekuensi hukum dan pelanggaran hak cipta.

Cara Cek Tema WordPress dan Plugin

Untuk mengetahui tema Wordpress dan plugin yang digunakan website lain, kamu bisa menggunakan dua cara, yakni menggunakan fitur View Page Source dan Inspect.

1. View Page Source

Cara yang paling paling mudah dan cepat untuk mengetahui tema wordpress yang digunakan sebuah website adalah dengan menggunakan view page source.

1. Kunjungi salah satu website yang kamu ingin lihat tema dan plugin yang digunakan.

2. Klik kanan di homepage website tersebut lalu piliha View Page Source.

3. Tekan Control + F di keyboard. Selanjutnya ketik Theme (untuk mencari tema) dan Plugin (khusus melihat plugin) lalu tekan Enter.

4. Maka akan muncul nama tema yang digunakan, seperti,.. /newspaper/wp-content-theme.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Cara cek tema Wordpress dan Plugin
Contoh tema Wordpress yang digunakan. Sumber: Lintasutara.com

Silahkan cari tema tersebut di mesin pencari Google. Misalnya, seperti pada contoh di atas, tema yang digunakan adalah Bloggingpro.

Baca Juga: Cara Verifikasi Website di Google Search Console

2. Cek Tema Wordpress dan Plugin Melalui Inspect

Selain menggunakan view page source, kamu juga dapat menggunakan fitur Inspect.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Kunjungi salah satu website.

2. Klik kanan di homepage website tersebut > Pilih Inspect.

3. Ketik Theme pada kolom "Find by String, selector or XPath" kemudian tekan Enter.

4. Silahkan cari tema website tersebut di Google. Pastikan untuk membelinya dari pemilik tema atau dari penjual resmi. Sama halnya dengan plugin yang kamu ingin gunakan.

Cek Tema Wordpress dan Plugin di Website Mudah, Bukan?

Melalui dua cara di atas, yakni View Page Source dan Inspect kamu dapat mengetahui tema dan plugin wordpress apa yang digunakan suatu website.

Tidak hanya sampai disitu saja, kamu juga bisa mempelajari font, warna dan settingan pada tema.

Jika kamu menggunakan cara cek tema Wordpress tersebut, pastikan itu hanya untuk tujuan edukasi saja dan bukan untuk hal lain yang berpotensi melanggar hukum atau hak cipta. 

Di tambah lagi, pastikan untuk membeli dan mengunduh tema dan plugin dari pemilik aslinya atau penjual resmi agar lebih aman dan kamu bisa terhindar dari kode jahat yang bisa bisa membahayakan website kamu.

Semoga informas kali ini bermanfaat.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !