Asteroid Raksasa Lintasi Bumi Semalam, Ini Penjelasan NASA

0
Asteroid Raksasa
Ilustrasi Asteroid. Foto: Unsplash

SAINS - Asteroid raksasa seukuran gedung dilaporkan melintasi bumi semalam, Senin (9/5/2022).

Melansir Space, asteroid yang diberi nama 467460 (2006 JF42) itu berada dalam jarak kira-kira 3,5 juta mil atau 5,7 juta kilometer dengan bumi, berdasarkan data yang didapat dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Adapun ukuran asteroid tersebut diperkirakan 1.247 kaki hingga 2.822 kaki, atau 380 hingga 860 meter. menunjukkan adanya perubahan pada kondisi tata surya. Perubahan yang terjadi di luar angkasa seperti ini pun terus dipantau NASA.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total terjadi 15-16 Mei, Bisa Dilihat dari Indonesia?

NASA sendiri mengkategorikan Asteroid yang melintas di sekitar bumi. Kategori "berpotensi membahayakan" meliputi asteroid yang lebih besar dari 150 meter dan jaraknya mendekati bumi.

Meskipun demikian, NASA menyebut umat manusia tidak perlu panik sebab belum ada ancaman asteroid yang serius dalam daftar asteroid yang telah dipantau NASA selama puluhan tahun. 

Daftar tersebut terus diperbaharui dan berdasarkan pengamatan terbaru NASA bahwa asteroid, seperti Apophis, tidak menimbulkan ancaman apa pun bagi Bumi dalam 100 tahun ke depan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !